Sunday, September 29, 2013

Lumpia Semarang






Seperti disebutkan di posting sebelumnya bahwa beberapa hari yang lalu, selain Klapertaart aku juga mendapatkan tugas untuk membuat lumpia semarang sebanyak 150 buah untuk sajian di acara resepsi hari Nasional Indonesia. Namun karena sebelumnya (walaupun sudah lama) sering membuat lumpia, jadi sudah terbiasa tanpa resep. Niatnya ingin mencatat satu persatu supaya bisa dishare di blog seperti biasa, tapi karena minimnya waktu akhirnya tidak tercapai keinginan membuat resep lumpia Semarang.






Bahan isi hanyalah rebung, telur, daging ayam dan udang boleh juga ditambah dengan ebi kering. Sedangkan bumbu untuk isi adalah bawang putih, saus tiram, kecap manis, sedikit minyak wijen, sedikit garam, gula dan merica. Tumis bawang putih, lalu masukkan ayam dan udang hingga berubah warna. Masukkan rebungdan aduk hingga layu. Lalu campurkan telur yang sebelumnya sudah diorak arik. Terakhir masukkan semua bumbu, cukupkan semua rasanya sesuai selera. Letakkan isi di kulit lumpia siap pakai, gulung dan goreng hingga cokelat keemasan.






Sedangkan untuk sausnya hanya gula merah yang dilarutkan dengan air dan dipanaskan. Lalu tambahkan bawang putih yang sudah dicincang halus, kemudian cuka dan garam secukupnya.






Memang sih paling sebel kalau mendapatkan resep dengan takaran harus mengira-mengira atau dengan menggunakan kata secukupnya, itu yang aku rasakan. Makanya aku janji begitu ada waktu aku akan buat lumpia lagi sambil aku catat takaran bahan satu persatu. Mudah-mudahan kesibukan segera berakhir sehingga bisa segera memenuhi janjiku :)










No comments:

Post a Comment